Sumbangsih Prudential Berikan Mesin Apheresis Untuk Bantu Pasien Kanker di RS Universitas Hasanudin

Januari 11, 2018



Angka statistik untuk penderita kanker di Indonesia terbilang tinggi, terlihat dari berbagai data kanker yang dipublikasikan baik oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga kanker. Dan menurut Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) untuk penderita kanker usia anak-anak kira-kira terdapat 11000 kasus pertahunnya. Jenis kanker yang sering terjadi pada anak-anak adalah Leukimia dan Retinoblastoma. 

Untuk penyembuhan penyakit kanker sendiri terdapat berbagai macam cara. Salah satunya adalah kemoterapi. Ini salah satu prosedur perawatan yang paling umum diberikan untuk kanker. Terapi ini mengandalkan kemampuan dari obat-obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang tubuh. Bagi penderita leukimia (kanker darah putih) salah satu syarat untuk menjalani kemoterapi adalah jumlah sel darah putih harus berada di bawah 100 ribu. Sementara, pada penderita leukemia, sel darah putih berkembang dalam jumlah yang sangat tidak wajar. Untuk itulah dokter menekan angka sel darah putih terlebih dahulu sehingga setelah itu pasien dapat menjalani kemoterapi.

Untuk prosedur konvensional penekanan jumlah sel darah putih pada pasien penderita leukimia yaitu dengan menggunakan infus dan perawatan khusus di ICU selama seminggu. Prosedur yang membutuhkan waktu lama ini dapat di ganti dengan alternatif lebih modern dan yang jauh lebih cepat. Teknologi mesin Apheresis memungkinkan membantu pengobatan kemoterapi lebih cepat, yaitu dengan cara memisahkan komponen darah yang berupa sel maupun plasma. Mesin tersebut dapat membuang sel-sel kanker yang beredar dalam tubuh, dan tetap memertahankan sel darah yang sehat dalam waktu yang cukup cepat, yaitu 2-3 jam. Selain leukimia Mesin Apheresis sendiri merupakan penunjang penyembuhan berbagai jenis kanker lainnya. 

Melihat kebutuhan ini, program tanggung jawab Prudential Indonesia di bidang kesehatan melakukan kerjasama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI). Kerjasama tersebut dalam bentuk bantuan pengadaan unit tambahan  mesin Apheresis. Di Indonesia sendiri mesin ini masih sangat terbatas jumlahnya dibanding jumlah pasien yang menderita.

Prudential Indonesia secara resmi menyerahkan sebuah mesin Apheresis kepada Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) yang akan digunakan di Rumah Sakit Universitas Hasanudin, Makasar, Hal ini merupakan wujud komitmen Prudential untuk terus berfokus kepada perlindungan kondisi kritis. 




Donasi mesin Apheresis untuk membantu anak-anak penderita kanker ini merupakan ke-enam kalinya yang dilakukan Prudential Indonesia melalui kerja sama dengan YOAI. Pengadaan mesin Apheresis sebelumnya telah dilakukan di sejumlah Rumah Sakit, yaitu: RSKD Dharmais, Jakarta, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, RSUP Sanglah, Denpasar, RS dr. Cipto Mangukusumo, Jakarta, RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta, dan RS Universitas Hasanudin, Makassar. Selanjutnya, Prudential Indonesia berencana mendonasikan mesin apheresis lebih banyak lagi ke rumah sakit – rumah sakit umum yang menerima pasien kanker anak di Indonesia.



Prudential telah bermitra dengan YOAI sejak tahun 2003, di mana kerja samanya juga mencakup antara lain bantuan pengobatan anak-anak dan renovasi bangsal khusus anak-anak penderita kanker di RS Kanker Dharmais, Jakarta.

Menurut Rinaldi Mudahar, Country CEO & Chief Executive Agency Prudential Indonesia mengatakan, “Prudential mempunyai komitmen untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat dimanapun kami beroperasi. Kami bersyukur atas kerja sama kami dengan YOAI yang sudah lama terbentuk dengan kuat, dan melaluinya, kami mampu membantu banyak anak-anak penderita kanker.”

Prudential Indonesia telah menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan hampir sepanjang perusahaan didirikan 21 tahun yang lalu. Sejak tahun 2014, program-program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia telah berhasil menyentuh lebih dari sejuta jiwa.




Selain bidang kesehatan, program tanggung jawab Prudential lainnya adalah Pendidikan dan Kesiapan Penanggulangan Bencana. Jadi terdapat tiga pilar yang menjadi fokus program tanggung jawab sosial Prudential Indonesia. Dalam bidang Pendidikan, Prudential berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat, terutama pada anak-anak, perempuan dan masyarakat berpenghasilan rendah. Dan untuk bidang Kesiapan Penanggulangan Bencana, Prudential berkomitmen untuk memberikan bantuan darurat maupun penyuluhan tanggap darurat bagi anak-anak pelajar Sekolah Dasar yang tinggal dan sekolah di daerah rentan bencana.

You Might Also Like

6 comments

  1. mumpung masih single.....prepare asuransi sedini mungkin

    BalasHapus
  2. Prudential memang selalu top banget.... Banyak inovasi yang diberikan pada masyarakat

    BalasHapus
  3. Keren,,memudahkan nasabah

    BalasHapus
  4. Liat senyum anak2 penderita kanker itu bikin terharu. Semogaa semakin byk anak2 penderita kanker yg terbantu berkat uluran tangan Prudential ya..

    BalasHapus
  5. saya juga nasakab pruden..memang paling top ini pruden maaahhh

    BalasHapus

Instagram