Beginilah Rasanya Beraktivitas di Coworking Space Setelah 2 Bulan

Desember 21, 2017

photo by @badai_kamu

Trend bekerja dikantor sekarang mulai berubah. Perusahaan-perusahaan mulai banyak merombak kantor mereka dari ruang bersekat-sekat menjadi ruang terbuka. Konsep open space dan transparency ini membuat setiap individu semakin aktif berinteraksi. Memungkinkan orang untuk semakin banyak melakukan kolaborasi.

Di Surabaya sendiri sudah mulai menjamur coworking space. Mulai dari tingkat kantoran yang mana tertutup ditujukan untuk karyawan perusahaannya sendiri, maupun coworking space berbayar dimana usaha rintisan dapat berkantor disitu, sampai yang jarang ada dikota-kota lain yaitu coworking space yang merupakan fasilitas umum atau dengan kata lain disediakan oleh pemerintah.

Dan Surabaya patut bangga karena memiliki coworking space yang merupakan fasilitas umum. Sehingga masyarakat dapat menggunakannya secara gratis. Namanya adalah KORIDOR. Penamaan yang sangat pas karena mengambil dari bentuk bangunan yaitu koridor. Dulunya merupakan jembatan yang lama tidak terpakai sampai pemerintah kota Surabaya merombaknya menjadi tempat paling kreatif se-Surabaya.

Saya sendiri pun sangat bangga dengan hadirnya Koridor. Buat kamu yang pengen tau gimana rasanya memiliki rutinitas di Coworking Space. Saya bakal ceritakan pengalaman saya setelah 2 bulan lebih menggunakan fasilitas Koridor secara rutin tiap minggu.

Oke pertama Koridor beralamat di Gedung Siola Lantai 3, Jalan Tunjungan. Yup bener banget berada di atas museum Surabaya. Btw Koridor dan juga gedung siola ini masih dalam proses pembangunan, jadi semua fasilitas masih belum selesai dibangun. Termasuk pintu masuknya. Untuk alternatif pihak gedung menyediakan 2 jalur. Semunya merupakan tangga darurat. Tangga darurat masuk dari arah jalan tunjungan dan tanga darurat bagian dalam masuk dari jalur parkiran.

Tangga darurat bagian dalam | photo by @badai_kamu

Tangga darurat dari jalan tunjungan | photo by @badai_kamu

Nah setelah kamu muncul seperti difoto itu tandanya kamu sudah mulai memasuki area Koridor. Dimana kamu langsung disuguhkan oleh pemandangan hijau yaitu taman jembatan gantung. Kamu bisa melihat lalulintas jalan Tunjungan maupun gemerlap lampu gedung tinggi disekitarnya.

Taman Jembatan | photo by @badai_kamu

Biasanya ketika berada dijembatan ini saya mengabadikan moment untuk bikin stories instagram atau makan. Karena diarea Koridor kita tidak diperbolehkan makan. Hanya diperbolehkan minum saja dengan syarat menggunakan botol/tumblr. Disediakan juga bangku taman dan asbak bagi yang mau merokok. Lanjut, kamu bakal langsung bertemu dengan tembok bertuliskan Koridor yang instagramable.

Pintu masuk Koridor | photo by @badai_kamu

Kalo kamu berada disini itu tandanya kamu sudah akan masuk kedalam Koridor. Kamu bisa share disosial media dengan foto lokasi ini. Nah dari sini bersiaplah memasuki area paling kreatif se-Surabaya. Nah berikut ini apa kata website mereka tentang Koridor "Sebagai bagian dari visi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, untuk menjadikan Surabaya sebagai sentra kreatif dan teknologi di tingkat global, KORIDOR merupakan langkah awal untuk membangun dan memperkuat pondasi ekonomi kreatif di tingkat lokal. KORIDOR adalah komitmen Pemerintah Kota Surabaya untuk menciptakan ekosistem yang memberdayakan para kreator, inovator, dan entrepreneur lokal untuk menciptakan inovasi dan mampu bersaing di tingkat global." Super Sekaleeeh bukaannn.

Welcome to Koridor | photo by @badai_kamu

Dalam foto kamu bakal disambut quote-quote yang membangunkanmu dari tidur dan mulai untuk menciptakan suatu karya. Dan juga kalo kamu bingung caranya. Koridor suka banyak acara kok dimana kamu bisa belajar banyak dari situ. Jadi pastikan check berkala mading info mingguannya. dan kalo kamu haus atau laper. Juga kamu bisa mengincipin mini canteen Koridor dimana menyediakan produk-produk dari UKM di Surabaya.

Mading info | photo by @badai_kamu 

Display produk UKM Surabaya | photo by @badai_kamu







Oke saatnya kita memasuki zona produktif. Kita sedang berada di koridor 1 bernama Ruang Paduraksa. Langkah awalnya adalah menuju meja informasi. 

Paduraksa  | photo by @badai_kamu

Meja informasi  | photo by @badai_kamu

Nah kalo kamu belum pernah kesini sebelumnya pastikan membawa kartu Identitas berupa KTP/SIM/KTM dan juga melakukan pengisian form regristrasi dilink pada gambar. Juga ketahui dan pahami peraturan-peraturan yang di berlakukan. Pengisian form cukup sekali selanjutnya kalo berkunjung kita cukup tukar kartu identitas dengan kartu pengunjung.

Link form registrasi | photo by @badai_kamu


Dont do this | photo by @badai_kamu

Do this | photo by @badai_kamu


Oke kalo sudah selamat kamu resmi menjadi pengunjung Koridor. Kamu memiliki akses terbatas ya. Tidak semua tempat bisa kamu masukin. Untuk fasilitas umum sementara terbuka untuk ruang dari no 1 sampai 3. Selebihnya tidak boleh.

Peta Koridor | photo by @badai_kamu

Di ruang Paduraksa terdapat display seni untuk pengunjung. Kalo suntuk bisa lihat-lihat deh. Juga dipojokan ada tempat duduk berupa tribun. Biasanya disitu saya melakukan diskusi sama temen-temen. Ada bantal dan colokan santai banget ya kan. Oh ya kalo mau konek wifi paswordnya: ayogawerek

Display seni | photo by @badai_kamu

Tribun | photo by @badai_kamu

Nah untuk kegiatan produktif yang membutuhkan koneksi internet dan komputer mari saatnya masuk ke ruang Baur. Ini dia ruangan yang menyediakan meja kerja. Ada 3 jenis lho. Yang dekat kaca, ditengah ruangan dan di pojokan. Disini lokasi favorit semua orang. Termasuk saya. Kalo interior paling biasa yang berada ditengah ruangan sih, tapi ada fasilitas komputer yang siap pakai. Kalo yang paling pojok interior paling keren soalnya bentuk gazebo kubik kayak sarang lebah. Dan yang deket kaca terbaik kalo sore hari atau hujan karena kita bisa lihat pemandangan dari kaca, jadi penuh inspirasi bukan.

 Ruang Baur | photo by @badai_kamu


Ruang Baur | photo by @badai_kamu



Jadi apa aja dan kayak gimana ruang baur? disinilah yang disebut konsep ruang terbuka, sebuah coworking space. Dimana kita bisa berbaur jadi satu dengan produktifitas masing-masing. Berinteraksi sampai melakukan kolaborasi. Terus apa aja isinya. Sederhana kok. Lihat difoto. Tempat duduk yang berada di deket jendela cuman ada interior meja, kursi dan colokan. Tapi kita bisa lihat kalo mereka sedang produktif di posisinya. Moodnya dapet banget kan diliat difoto. Siapa coba yang gak betah?

Ruang Baur | photo by @badai_kamu


Untuk yang bagian tengah mejanya terdapat Komputer dan free to use ya. Disini kita kerjanya hadap-hadapan sama orang lain. Tentu ada colokan kalo kamu bawa laptop sendiri.

Ruang Baur  | photo by @badai_kamu

Dan yang paling keren interiornya ini nih. Yang selalu rame dan paling susah saya dapetin mejanya. Epic kan interiornya cukup buat berempat, Ekslusif banget kesannya. 

Ruang Baur | photo by @badai_kamu

Gimana kebayang gak kerja/beraktifitas di fasilitas Koridor? pasti nyaman dong, pasti seru dong, dan pasti betah yang terpenting. Disini bersih, ruangan ber-AC, interior bagus, banyak event mingguan untuk cari ilmu, dan GRATIS. Kamu bisa pakek juga buat eventmu, rapat, dan banyak lainnya. Kalo dari konsepnya. Emang ini bakal jadi pusat kreatifnya Surabaya sih. Buat fotografer, videografer, desainer, buat hacker, start up, meeting, diskusi dan banyak hal produktif lainnya. Saya sendiri biasanya kesini untuk editing photo, brainstorming ideas, tempat diskusi sama temen, ngerjain tugas, desain-desain, liat tutorial di youtube dan aktifitas lain yang berkaitan dengan komputerlah ya. Hampir lupa. Di ruang Baur juga terdapat loker yang lucu lho.

Loker di ruang Baur | photo by @badai_kamu


Nah untuk workshop maupun seminar biasanya diadain di ruang sesrawungan tapi bisa juga sih diadain di ruang Paduraksa. Trus kalo ruang Baur penuh. Ruangan ini bakal dibuka untuk menampung teman-teman. Selain berisi banyak kursi penonton juga terdapat meja dan colokan kok tenang aja. Jadi punay fungsi yang sama dengan ruang Baur. Dan kalo mode workshop ada panggung kecil untuk pemateri ada proyektor dan speaker. Lengkap bukan



Ruang Sesrawungan | photo by @badai_kamu


Setelah semua aktifitas yang kita lakukan di Koridor ada yang namanya tipping point keren nih dan ngena banget. Jadi kek alam bawah sadar kita didorong untuk tidak henti-hentinya berkarya. Yaitu sebuah quote.

Quote pintu keluar | photo by @badai_kamu


Gilaaaa gila gilaaa, mau pulang aja dibakar semangat sama quotenya Bung Tomo. Btw jangan lupa tukerin kartu pengunjung ke kartu identitasmu ya wkwkwkwk. Sekian terimkasih sudah mampir. Semoga suka dan bermanfaat buat kamu. Cherio.

You Might Also Like

7 comments

  1. BAGUUUUSSS BANGETTT
    ini boleh ajak bocah SD ke sini kaaahhh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak Nurul tapi dibawah pengawasan bimbingan orang tua. soalnya mayoritas bekerja (aktivitas produktif) yang berkunjung. Bisa banget lho kita ngeblog disini

      Hapus
  2. Koridor recommended untuk liburan anak-anak gak? Kan harus pake KTP segala.. ada perpusnya juga gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk liburan tempat ini tidak rekomended sih mbak. Soalny untuk aktivitas berbau pekerjaan.

      Hapus
  3. Wah, aku selalu lewatin Koridor dong berarti kalau lagi ke Tunjungan Plaza!
    Aku sering mikir, ini gedung apa ya! Dari luar unik aja, bentuknya melingkar di ujung jalan, kayak bangunan bergaya Eropa Classic gtu.. Ternyata pas baca ini, baru tau kalau bangunan ini bener2 keren bgt, unik!! Blm jadi semua aja udh keren, ga sabar liatnya kalau udah benar2 sempurna!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk apa yang mbak gambarkan sebenernya masih bingung bangunan mana ya yang dimaksud hehehe. Tapi kalo keren yup. Ini keren banget mbak. Mbak musti coba main kesini. Untuk ngeblog misalnya

      Hapus
  4. Jadi pengen kesini untuk mencoba coworking space

    BalasHapus

Follow Us!

Instagram