Simak Apa Yang dilakukan Anggota MPR di Surabaya

November 05, 2017



Pernah gak sih dapet bc (pesan yang di share berisikan informasi) di grub chat/ secara personal. Pasti sering lah ya. Isi infonya sangat beragam mulai dari info jual barang, event, berita kehilangan sampai berita hoax marak banget menyebar. Tanpa sadar warga net sering kali membagikannya secara membabi buta tanpa filter atau tanpa kroscek terlebih dahulu kredibiltas info yang disebar. Contohnya beberapa waktu yang lalu pernah ada berita hoax yang hits banget yang isinya tentang himbauan ke masyarakat luas kalo bakal ada badai elektromagnetik yang dihasilkan akibat dari gejolak matahari sehingga masyarakat diminta untuk menonaktifkan semua perangkat elektromagnetik selama sekian jam. BOOM! berita yang menggelisahkan ini pun viral dan banyak yang tertipu atau pernah denger berita yang satu ini nggak? dulu jamannya kebakaran hutan di Kalimantan ada berita hoax tentang himbauan untuk menguapkan air garam yang kita jemur di masing-masing rumah agar segera hujan dan membantu memadamkan api. BOOM! juga viral dan waktu itu saya sendiri menjadi saksi teman saya melakukannya. dan banyak berita-berita hoax lainnya. Be smart netizen gaes.

Nah pada sabtu 4 november kemarin netizen surabaya yang terdiri dari social media influencer, blogger maupun youtuber berkumpul di Ruang Studio V, Hotel Fairfield by Marriot, Surabaya, Jawa Timur dalam acara #NgobrolBarengMPR. Acara ini merupakan bentuk sosialisasi 4 Pilar MPR ke masyarakat dimana para netizen diharapkan membawa peran besar untuk menyebar konten berdasar literasi yang benar. 




Sosialisai kepada netizen ini menandakan kalo pemerintah sudah sangat sadar terhadap perkembangan sosial media yang begitu pesat. Di awal topik MPR melalui bapak Andriyanto, Ketua Bagian Pengolahan Data & Sistem Informasi Sekjend MPR RI, menegaskan bahwa saat ini MPR sedang istilahnya PDKT dengan masyarakat melalui sosial media. Pencerdasan MPR kepada masyarakat bakal di lakukan secara soft melalui sosial media, sehingga konten-konten berat bakal menjadi lebih ringan untuk disampaikan ke masyarakat.

Nah berikut ini apa yang dimaksud dengan 4 Pilar MPR RI yang disosialisasikan,

4 Pilar MPR RI :
- Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara
- UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara
- NKRI Sebagai Bentuk Negara
- Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara



Lho bukannya 4 pilar tersebut sudah ada sejak lama ya? iya benar sekali dan tidak ada yang berubah kok tenang aja. Jadi keempat pilar ini, adalah metode MPR untuk mengingatkan dan menumbuhkan kembali identitas kita sebagai warga negara Indonesia, bahwasanya kita sejak dulu kala memiliki panduan berkenegaraan yang komplit. Mengenalkan PBNU (Pancasila -- Bhinneka Tunggal Ika -- NKRI -- UUD 1945) ini sangat penting untuk menanamkan rasa nasionalisme pada masyarakat. Visi MPR sendiri ialah "MPR menjadi rumah kebangsaan, pengawal ideologi pancasila, dan kedaulatan rakyat".



Nah berikut ini sedikit penjelasan dari 4 Pilar MPR RI tersebut,
Pilar 1 Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara
Mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan suku, agama, dan budaya. Maka Pancasila merupakan panduan dasar hidup berkewarganegaraan Indonesia. Panduan general dan mendasar yang dapat diterima semua golongan masyarakat.
Pilar 2 UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara
Mengenalkan UUD 1945, dimana UUD 1945 ini ditujukan agar terjamin penyelenggaraan Ketatanegaraan NKRI secara pasti (adanya kepastiaan hukum), sehingga stabilitas nasional dapat terwujud.
Pilar 3 NKRI Sebagai Bentuk Negara
Kenapa hayo NKRI? nggak federasi aja? Pelaksanaan NKRI dijelaskan dalam pasal 1 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Ketentuan ini dijelaskan dalam pasal 18 UUD 1945 ayat (1) yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang. Makanya perlu dikenalkannya tentang NKRI.
Pilar 4 Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara
Pasti pada tau kalo artinya adalah Berbeda-beda Tetap Satu Jua. Ya intinya sih kita harus mengedepankan sikap tenggang rasa dan bertoleransi dengan adanya perbedaan. Karena perbedaan ini adalah keberagaman dan kekayaan bangsa kita.

Jadi ini sudah menjadi tugas kita bersama dong tidak hanya MPR RI, tidak hanya para netizen yang bertindak sebagai bloger maupun social media influencer untuk mencerdaskan 4 Pilar tersebut. Pun kita semua sudah seyogyanya mendalami dan membagikan apa yang kita tau ini ke masyarakat luas. Karena hanya dengan begitu kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa".

You Might Also Like

10 comments

  1. Wahh keren bgt ini abang satu ni, lanjutin terus ngeblognya gan^^~

    BalasHapus
  2. Tetep ngeblog jangan putus semangat nanti lama-lama juga jago nulis.

    BalasHapus
  3. Semua elemen masyarakat bisa banget ya..menerapkan 4 pilar ini...Syemangatt lah pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget mbak, justru sebaiknya bisa diterapkan mbak

      Hapus
  4. Acaranya keren banget nih...

    BalasHapus
  5. sepakat, sangat membuka wawasan saya

    BalasHapus

Instagram